Catatan Perjalanan Seorang Muslimah dari Manhaj Tarbiyah ke Manhaj Salaf

catatan-blog-ardhillah11

E-book ini membahas seputar pengalaman seorang muslimah yang bernama Rytha Nur’aini (semoga Allah Ta’ala mengistiqomahkannya di manhaj Salaf), dimana beliau sebelumnya berada dikubangan manhaj Tarbiyah. Beliau dengan lugas menjelaskan pengalamannya segala hal yang membuat beliau ‘harus’ hijrah dari manhaj Tarbiyah-nya. Salah satu contoh yang dipaparkan beliau adalah, kebiasaan liqo’ yang menjadi menu rutin wajib di tarbiyah yang didalamnya banyak sekali penyimpangan syar’i yang tidak banyak diketahui oleh jundi-jundi dakwah tarbiyah sendiri. Dan masih banyak lagi pengalaman beliau yang membuat kita yang haus akan air kebenaran untuk segera hijrah ke manhaj Salaf.  Untuk itu beliau menulis pengalamannya di e-book ini sebagai nasehat bagi ikhwah lainnya yang masih berada di manhaj Tarbiyah. Untuk mendownload e-book tersebut, silahkan kilk disini

Advertisements

21 Responses

  1. Assalamu’alaikum,
    Ana kok gagal mendownload ya? Bisa minta dikirimkan file-nya lewat jalur pribadi?
    Syukran.
    Wassalam.

    Abu Mubarak
    al.firdausi@gmail.com

  2. waalaikumsalam warahmatullah…hmmm..tp ana coba donlot kok bisa ya. Yauwdah, insyaallah ana kirim lwt email. ditunggu ya…

  3. @Abu Zaidan
    Hendaklah anda segera bertaubat sebelum Allah Ta’ala mencabut nyawa anda.
    Sayangnya, sisi yg satu adalah sesat, maka tidak pantas untuk direview di blog ini. Dan antara kebenaran dan kebatilan tidaklah imbang(sama) ya akhi!! Maka sudah seharusnya tidak diseimbangkan. Antum paham?

  4. Ryta Nur’aini?
    Beliau akhwat Solo yang sekarang tinggal di AS, bukan? mengelola sebuah mailng list untuk Muslim AS. Subhanallah, lama ndak menyapa beliau terahir tahun 2004. Gimana ada kabar terahir dari beliau?

    Ummu Harun
    Bekasi Timur

  5. @ Ummu Harun

    Nama beliau Ryta Rytha Nur’aini. Afwan ana kurang tahu apakah beliau akhwat Solo atau bukan. Ana tahu dari blog beliau : http://ardhillah.blogspot.com

  6. Alhamdulillah..barokallohu fiih..smoga,barangsiapa yg dimudahkan Alloh utk mbacanya, mau menerima dgn legowo; dpt menjadi penerang bagi yg msh terjebak pd rutinitas yg sengaja diciptakan agar terasa memiliki keterikatan, shg sulit..sulit sekali utk berjalan tegak, keluar dr lingkaran manhaj tarbiyah.

    dari ummi-nya tiga anak manis, insyaAlloh menyusul 4,5.. dst; yg jg prnah t’jebak dlm kubangan manhaj tarbiyah. sepenuh cintaku padaMu ya Robb.. setulus kasihku pd suamiku yg telah menuntunku dgn sabar, mengajariku kemuliaan dlm manhaj Salaf, semoga kita semua dapat selalu istiqomah dlm manhaj Salaf. Amiin

  7. Artikelnya bagus-bagus… afwan saya ikutan meng-copy tak apa kan? silahkan berkunjung juga ke blog saya:
    fahrihidayat.blogspot.com

  8. Bersatulah Wahai Pemuda Islam

    Ya Ayyuhal Ikhwaa
    TUJUAN Kita Adlah SATU
    MUSUH kiTA Adl Satu

    Saatnya Kita BERSATU…
    jangan jadikan saudara kita yg seIMAN sebagai MUSUH, hanya krn berbeda MANHAJ

    Sama -Sama kita Bersatu..
    Menegakkan DIENNULLAH di Muka BUMI ini

    BERSATULAH

  9. Assalamualaikum wr wb
    Maaf saya bukan orang tarbayah dan bukan juga orang salaf dalam kontek organisasi, namun insya allah saya selalu bertarbiyah dan bermanhaj seperti para salafussoleh mananya saya gak harus pake ana antum afwan ataupu segala yang berbau arab-araban.
    Komentar saya disini sedih sekali melihat dua organisasi yang mengaku bermanhaj islami namun saling mengejek/ mengolok-olok. terlebih anehnya perempuan Rytha Nur’aini yang katanya sudah diasuh sekian waktu oleh organisasi tarbiyah tapi justru berpindah organisasi dengan cara mengolok organisasi yang lama. Apakah model begini berislam yang benar?? Menurut hemat saya coba apa yang organisasi salaf lakukan adalah menyadarkan orang yang memang sangat jauh dengan islam dan untuk berislam dengan baik bukan mengambil enaknya saja dari organisasi yang lain yang sudah berjuang lebih dulu dalam melakukan penyadaran. kalaupun memang dengan terpaksa harus dilakukan kenapa tidak dengan cara yang baik (tidak menjelekkan red).
    Sedangkan untuk organisasi Tarbiyah coba diperbaiki lagi apa yang menurut orang kurang baik dan harus diperbaiki.
    Untk keduanya: ingat allah tidak melihat hasil yang kalian lakukan namun allah hanya melihat bagaimana usaha kalian dalam mengajak orang menuju allah.

    terimakasih
    Farhudin
    Singkawang -Kalimantan Barat

  10. Yaaah mulai lagi para mantan2 bergentayangan di dunia maya, mantanTARBIYAH, mantanHTI, mantanSALAFI, mantanMUSLIM sekalian, cape dehhhh!!!
    Selamat para pengikut syahwat Ashobiyah!!!

  11. @dezel h.
    Yaahh…dakwah koq ngerasa capek mas2! Mana mw sukses kalo gitu….

  12. assalamualaykum,.afwan..kok ga bisa didownload y??gmn??pgn baca?

  13. eh,.ga jadi,.afwn,.dah bisa

  14. Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui. (QS.Al-Maidah : 54)

    Kaum yang manakah itu??
    Wallahua’lam…

    _Fastabiqul khoirot_

  15. Yang sholat, yg berda’wah, yg mengajk orang lain mengenal Allah dihujat habis2an,,,

    yang nongkrong2 gak jelas di pinggir jalan, yg jelas2 bermaksiat, dibiarkan,,,

  16. Kaum khawarij jg sholat, jg berdakwah tp mereka diperangi oleh Rasul dan Shahabat. Sholat itu haq, dakwah itu haq dan mengajak orang di jalan Alloh itu haq, tapi berapa banyak yg melakukan sholat, berdakwah dan mengajaka orang lain tanpa dasar ilmu yg shahih dari nabi atau bahkan menyelisihi alias berbuat bidah. Hendaknya saudara septyan tidak menilai hanya dr sudut pandang yg sempit, tp carilah apa yg mendasari mereka melakukan itu (seperti yg anda sebutkan itu) dr al quran maupun sunnah. Bukan berarti berbuat keras demi kebaikan itu selalu salah, bukankah seorang bapak yang memarahi anaknya yg nakal itu merupakan suatu nasehat?? wallhu allam

  17. ^_^

    tidak melihat dr sudut pandang yang sempit???

    OK. Mari sm2 melakukannya.

  18. ^_^

    tidak menilai dari sudut pandang yg sempit??

    OK. Mari sm2 melakukannya..

  19. Sahabatku semua…..
    Marilah kita dunia luar yg demikian luas ini. Disana banyak pemikiran, penafsiran dan aneka pembenaran yg dilakukan saudara2 kita sendiri. Mereka mengaku berpegang pada Quran & Sunah.
    Mana diantara mereka yg paling benar menurut Allah & RasulNya?
    Allah sudah menurunkan petunjuknya utk kita semua, janganlah kita merasa bahwa golongan kita yang benar karena bisa jadi ada yg lebih baik dari kita. Bukankah diatas langit masih ada langit?
    Sesama saudara seiman, akan lebih baik dan lebih bijak jika kita saling mendoakan, saling bersepakat atas persamaan dan saling memahami atas perbedaan demi kejayaan Dienul Islam yg mulia ini

  20. Menyikapi perbedaan sesama aktivis islam

    Sahabatku semua…..
    Marilah kita melihat dunia luar yg demikian luas ini. Disana banyak pemikiran, penafsiran dan aneka pembenaran yg dilakukan saudara2 kita sendiri. Mereka mengaku berpegang pada Quran & Sunah.
    Mana diantara mereka yg paling benar menurut Allah & RasulNya?
    Allah sudah menurunkan petunjuknya utk kita semua, janganlah kita merasa bahwa golongan kita yang benar karena bisa jadi ada yg lebih baik dari kita. Bukankah diatas langit masih ada langit?
    Sesama saudara seiman, akan lebih baik dan lebih bijak jika kita saling mendoakan, saling bersepakat atas persamaan dan saling memahami atas perbedaan demi kejayaan Dienul Islam yg mulia ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: